2022-04-01 12:20:17

Tingkatkan Penerimaan PAD, Komisi III DPRD Banyuwangi Dorong Eksekutif Tarik Pajak Pekerja Asing.



Banyuwangi-Komisi III DPRD mendorong untuk mengali potensi penerimaan Pendapatan Asli Daerah, salah satunya dari pajak tenaga kerja asing yang bekerja di Kabupaten Banyuwangi.

Hal ini terungkap saat Komisi III menggelar rapat kerja bersama Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKA) pada Rabu (24/03) kemarin.

Rapat kerja dilaksanakan dalam rangka pencermatan laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati banyuwangi tahun Anggaran 2021.

Ketua Komisi III, Emy Wahyuni ​​Dwi Lestari mengatakan, secara garis besar capaian pendapatan daerah tahun 2021 sangat baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Target PAD yang ditetapkan dalam APBD tahun 2021 setelah perubahan sebesar Rp. 518 miliar, hingga akhir tahun anggaran terealisasi sebesar Rp. 519 miliar atau 102,79 persen.

“Capaian PAD tahun 2021 sangat baik jika dibandingkan dengan realisasi PAD tahun 2020 yang hanya tercapai sebesar 83,6 persen. Realisasi PAD tahun 2021 tersebut bersumber dari pajak daerah dan retribusi daerah,” ucap Emy Wahyuni ​​saat dikonfirmasi Awak Media.

Namun demikian, Komisi III menilai ada beberapa pos penerimaan PAD yang belum maksimal, terutama dari pos retribusi daerah.

“Berdasarkan evaluasi kita, yang perlu mendapatkan perhatian dan dimaksimalkan tahun 2022 ini adalah penerimaan retribusi daerah yang kami nilai masih belum optimal, realisasinya masih di angka 72,48 persen dari target ,” ucap Partai Demokrat asal kecamatan Gambiran ini.

Emy berharap kepada eksekutif untuk terus berupaya menggali potensi-potensi penerimaan PAD dari dan retribusi daerah yang tidak memiliki pajak, salah satunya pajak tenaga kerja asing yang bekerja di Kabupaten Banyuwangi sebagaimana amanat Peraturan Dalam Negeri No. 77 Tahun 2020 tentang pengelolaan keuangan daerah.

“Di Permendagri No. 77 Tahun 2020 kita bisa memungut pajak untuk tenaga kerja asing yang bekerja di Kabupaten Banyuwangi,” tulisnya.

Menurutnya,para tenaga kerja asing yang bekerja di wilayah Kabupaten Banyuwangi ternyata masih bebas melakukan aktivitas tanpa harus beban pajak. Padahal potensi tersebut di optimalkan untuk meningkatkan PAD.

“Kita ini mulai mengusulkan kepada Pemerintah daerah agar memungut pajak dari pekerja sejak tahun 2019 lalu namun belum ada tanggapan,” ucap Emy wawancaranya



Lihat berita lainnya






DPRD Banyuwangi
  • Senin - Kamis 08:00 – 16:00 WIB
  • Jumat 07:30 – 16:00 WIB

Tutorial SIPRADA
Unduh Tutorial
Info Pengaduan
Tanggapan Anda
Sungguh kami bahagia bila Anda dapat meluangkan waktu untuk memberikan tanggapan tentang aplikasi Aspirasi kami

Suka Tidak Suka