2021-09-29 18:15:17

DPRD Banyuwangi Menyetujui Raperda Perubahan APBD tahun 2021 Menjadi Perda



Banyuwangi-DPRD Kabupaten Banyuwangi menyetujui rancangan peraturan daerah (Raperda) perubahan APBD tahun anggaran 2021 menjadi Peraturan daerah (Perda),

Keputusan pengambvilan digelar dalam rapat paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD,I Made Cahyana Negara Dibantu tiga Wakil Ketua DPRD, M.Ali Mahrus, Michael Edy Hariyanto, Ruliyono dan diikuti seluruh anggota dewan lintas fraksi, Rabu (29/09/2021).

Hadir dalam rapat paripurna Bupati,Ipuk Fiestiandani,Wabup H.Sugirah, Sekretarsi daerah,H.Mujiono, Asisten Pembangunan dan Perekonomian,Guntur Priambodo dan beberapa kepala SKPD. Sedangkan Camat,Kepala Desa , Kepala bagian dan yang lainnya mengikuti secara virtual.

Laporan akhir pembahasan raperda change APBD tahun 2021 yang dibacakan, Michael Edy Hariyanto selaku pimpinan Badan Anggaran (Banggar) DPRD menyampaikan, dalam rapat pembahasan perubahan APBD tahun 2021 antara Banggar bersama Tim Anggaran Daerah (TAPD) terdapat beberapa pertanyaan dari anggota terkait terkait kebijakan eksekutif atas perkiraan perkiraan PAD.

Kurang singkronnya antara tema RKPD tahun 2021 dengan kebijakan belanja dan kegiatan program di beberapa SKPD, dan akurasi data jumlah orang miskin di banyuwangi.

Kemudian beberapa saran - masukan dan harapan dari Badan Anggaran antara lain; Program prioritas belanja untuk penanganan kesehatan akibat Covid-19, Pemulihan ekonomi dan penyediaan jaring pengaman sosial. 


Mendukung program vaksinasi hingga mencapai 70 persen, di samping penanganan Covid-19, juga harus ada prioritas untuk belanja di sektor pertanian, perikanan, UMKM, Pendidikan dalam rangka persiapan Pembelajaran Tatap Muka serta sektor Pariwisata ,Mempercepat penyaluran bantuan langsung bagi yang menjalankan Covid-19 .


Secara umum semua pertanyaan Badan anggaran telah dijawab oleh Tim Anggaran Pemerintah dengan penjelasan rinci tentang regulasi yang mengaturnya, ucap Michael edy Hariyanto dihadapan rapat paripurna.

Dan akhirnya berdasarkan pembahasan bersama antara Badan Anggaran DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah , maka telah disepakati bersama komposisi Rancangan Perda Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Banyuwangi Tahun Anggaran 2021 .

Pendapatan Daerah dalam Rancangan Perda Perubahan APBD Kabupaten Banyuwangi Tahun 2021 mengalami penurunan sebesar 1,19 persen sehingga menjadi sebesar Rp. 3.221 triliun.

“ Proyeksi PAD turun 12,49 persen sehingga menjadi sebesar Rp. 518,6 miliar, Pendapatan transfer mengalami kenaikan 1,55 persen menjadi sebesar Rp2,345 triliun,Lain-lain pendapatan daerah yang sah juga naik 1,62 persen sehingga menjadi sebesar Rp. 136,1 miliar,” jelas Michael Edy Hariyanto.

Belanja Daerah dalam Rancangan perda Perubahan APBD Kabupaten Banyuwangi Tahun 2021 naik sebesar 2,62 persen sehingga menjadi sebesar Rp. 3.300 triliun.Pembiayaan Daerah dalam Rancangan Perda Perubahan APBD Kabupaten Banyuwangi Tahun 2021 adalah sebesar Rp. 300,1 miliar.

Sebagaimana Peraturan perundang-undangan sebelum Raperda Perubahan APBD Tahun 2021 disahkan, pimpinan rapat paripurna meminta persetujuan kepada selurh anggota DPRD Yang dan secara kompak setuju.

Sementara Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan dan anggota dewan atas pembahasan substantif yang melaksanakan perubahan APBD tahun 2021 dapat menyampaikan aspirasi rakyat Banyuwangi.

Dengan persetujuan dewan atas Raperda persetujuan perubahan APBD tahun 2021, berarti kita telah menetapkan produk hokum daerah yang menjadi landasan pelaksanaan program pembangunan Banyuwangi baik dari sisi pendapatan, belanja maupun pembiyaan hingga akhir tahun anggaran 2021, ucap Ipuk Fiestiandani.

Selanjutnya Raperda Perubahan APBD tahun 2021disampaikan kepada Gubernur Jawa Timur untuk dilakukan.

“Rekomendasi atas hasil evaluasi dimaksud diakomodasikan dalam raperda untuk ditetapkan dan diundangkan menjadi peraturan daerah,” ucap Bupati Ipuk Fiestiandani.



Lihat berita lainnya






DPRD Banyuwangi
  • Senin - Kamis 08:00 – 16:00 WIB
  • Jumat 07:30 – 16:00 WIB

  • Jl.adi sucipto no1 Banyuwangi
  • set-dprd@banyuwangikab.go.id
  • dprdbanyuwangi01@gmail.com
  • (0333) 424845
  • (0333) 415776

Tutorial SIPRADA
Unduh Tutorial
Info Pengaduan
  • +62 852-3174-4924
  • siprada.dprdbanyuwangi@gmail.com
Tanggapan Anda
Sungguh kami bahagia bila Anda dapat meluangkan waktu untuk memberikan tanggapan tentang aplikasi Aspirasi kami

Suka Tidak Suka