2021-04-21 10:58:10

PEMBAHASAN RANWAL RPJMD BANYUWANGI PERIODE 2021-2026 RAMPUNG.



Banyuwangi - Panitia khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Banyuwangi telah merampungkan pembahasan Rancangan awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Banyuwangi priode 2021-2026, hari Jum’at pekan lalu.

 Selanjutnya hasil pembahasan Ranwal RPJMD periode 2021-2026 dirumuskan dalam nota kesepakatan yang nantinya ditanda tangani Ketua DPRD bersama Bupati Banyuwangi, yang kemudian dikirim ke Gubernur Jawa Timur untuk dilakukan evaluasi.

Ketua Pansus Ranwal RPJMD , Irianto, SH mengatakan, rapat pembahasan ranwal RPJMD yang digelar bersama eksekutif tersebut dalam rangka untuk mengetahui visi misi Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi terpilih, Ipuk Fiestiandani – H.Sugirah yang telah dilantik pada 26 Pebruari 2021 lalu.

“ Ini baru pembahasan awal, ibarat masuk kerumah kita harus permisi dulu, dalam rapat bersama eksekutif pecan lalu, Pansus ingin mengetahui rencana Bupati kedepan seperti apa. Apakah draf Ranwal RPJMD yang telah disusun sudah sesuai dengan janji-janji politik ketika Pilkada 2020 lalu, “ ucap Irianto saat dihubungi melalui sanmbungan WhatsApp, Selasa (20/04/2021).

Bila ternyata janji-janji politik yang disampaikan saat Pilkada lalu belum terakomodir dalam dokumen ranwal RPJMD Banyuwangi periode 2021-2026 maka sesuai dengan tupoksi, DPRD akan mengingakan agar segera dicantumkan kedalam dokumen RPJMD.

Politisi PDI-Perjuangan asal daerah pemilihan Banyuwangi II ini menjelaskan, pembahasan dokumen perencanaan pembangunan daerah yang berisi penjabaran visi misi dan program Kepala Daerah cukup panjang. Masih ada waktu hingga bulan Agustus 2021 mendatang, meski demikian Pansus akan berupaya pembahasan Raperda RPJMD Banyuwangi dipercepat.

“ Ketentuan memang mengamanatkan, Perda RPJMD Banyuwangi periode 2021-2026 harus sudah selesai paling lambat enam bulan terhitung sejak Bupati terpilih dilantik, waktu pembahasanya masih panjang sehingga pembahasannya akan dilakukan secara cermat, “ ungkap Irianto.

Sekedar diketahui, visi pembangunan daerah Kabupaten Banyuwangi untuk periode RPJMD 2021-2026 adalah “ Terwujudnya Banyuwangi yang Semakin maju, Sejahtera dan Berkah”



Lihat berita lainnya