Sekretariat DPRD

Sekretariat DPRD mempunyai tugas pokok menyelenggarakan administrasi kesekretariatan, administrasi keuangan, mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD dan menyediakan serta mengkoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD sesuai dengan kemampuan keuangan daerah ;

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud dalam pasal 2, Sekretariat DPRD mempunyai fungsi :

  1. penyelenggaraan administrasi kesekretariatan DPRD ;
  2. penyelenggaraan administrasi keuangan DPRD ;
  3. penyelenggaraan rapat-rapat DPRD ;
  4. penyediaan dan pengkoordinasian tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD.

Sekretariat DPRD terdiri dari :

Sekretaris DPRD mempunyai tugas :

  1. Mengelola administrasi umum, administrasi keuangan dan administrasi kepegawaian ;
  2. Memfasilitasi penyelenggaraan persidangan/rapat-rapat DPRD;
  3. Memfasilitasi penyusunan RAPERDA dan produk-produk hukum DPRD ;
  4. Melaksanakan evaluasi program dan kegiatan Sekretariat DPRD;
  5. Mengoordinasikan kegiatan tim ahli, pimpinan dan alat-alat kelengkapan DPRD.
  6. Memonitor serta mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan agar sasaran dapat dicapai sesuai dengan program kerja dan ketentuan yang berlaku ;
  7. Menilai prestasi bawahan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan karier ;
  8. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  9. Menyampaikan laporan hasil evaluasi, saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

Bagian Administrasi Umum dan Keuangan mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan administrasi, perlengkapan, penyusunan program, pengelolaan keuangan sekretariat DPRD.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Bagian Administrasi Umum dan Keuangan mempunyai fungsi:

  1. Penyelenggaraan urusan administrasi umum ;
  2. Penyelenggaraan urusan administrasi keuangan ;
  3. Penyelenggaraan urusan adnistrasi kepegawaian ;
  4. Penyelenggaraan urusan administrasi perbekalan dan rumah tangga ;
  5. Penyelenggaraan urusan administrasi perjalanan dinas ;
  6. Penyusunan program kegiatan sekretariat DPRD dan menghimpun program kegiatan DPRD ;
  7. Pelaksanaan fasilitasi kegiatan DPRD ;
  8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris DPRD sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Kepala Sub Bagian Administrasi Umum mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana Sub Bagian Administrasi Umum sesuai dengan rencana kerja Sekretariat DPRD ;
  2. Melaksanakan pelayanan administrasi umum, urusan dalam, urusan surat menyurat, ketatalaksanaan dan kepegawaian ;
  3. Mengoordinasikan bawahan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung ;
  4. Menilai hasil kerja bawahan untuk bahan pengembangan karier ;
  5. Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan sesuai tugas pokok dan fungsinya ;
  6. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan.

Kepala Sub Bagian Administrasi Keuangan mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana Sub Bagian Administrasi Keuangan sesuai dengan rencana kerja Sekretariat DPRD ;
  2. Melaksanakan pelayanan administrasi keuangan dan inventaris ;
  3. Menyusun rencana kebutuhan dan mendistribusikan barang perlengkapan ;
  4. Menyiapkan bahan untuk penghapusan barang serta melakukan inventarisasi barang yang dikelola maupun dikuasai Sekretariat DPRD;
  5. Mengoordinasikan bawahan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung ;
  6. Menilai hasil keja bawahan untuk bahan pertimbangan karier ;
  7. Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya ;
  8. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan.

Bagian Persidangan mempunyai tugas pokok menyiapkan materi dan administrasi sidang/rapat DPRD, urusan kehumasan dan urusan protokoler.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud ayat (1) pasal ini, Bagian Persidangan mempunyai fungsi :

  1. Pengaturan dan penyiapan administrasi sidang/rapat yang diselenggarakan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD);
  2. Penyediaan materi rapat DPRD ;
  3. Pembuatan risalah /rapat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ;
  4. Pelaksanaan penerimaan tamu-tamu DPRD ;
  5. Pengaturan urusan protokoler pimpinan dan anggota DPRD beserta urusan kehumasan ;
  6. Pelaksanaan dokumentasi seluruh kegiatan persidangan/rapat � rapat DPRD ;
  7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris DPRD sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Kepala Bagian Persidangan mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana Bagian Persidangan sesuai dengan rencana kerja Sekretariat DPRD ;
  2. Pengaturan dan penyiapan administrasi sidang/rapat yang diselenggarakan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD);
  3. Penyediaan materi rapat DPRD ;
  4. Pembuatan risalah /rapat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ;
  5. Pelaksanaan penerimaan tamu-tamu DPRD ;
  6. Pengaturan urusan protokoler pimpinan dan anggota DPRD beserta urusan kehumasan ;
  7. Pelaksanaan dokumentasi seluruh kegiatan persidangan/rapat � rapat DPRD ;
  8. Mengoordinasikan bawahan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung ;
  9. Menilai hasil keja bawahan untuk bahan pertimbangan karier ;
  10. Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya ;
  11. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan.

Kepala Sub Bagian Rapat dan Risalah mempunyai tugas :

  1. menyusun rencana Sub Bagian Rapat dan Risalah sesuai dengan rencana kerja Sekretariat DPRD ;
  2. Mengatur tata ruang persidangan/rapat-rapat DPRD ;
  3. Mengatur daftar hadir peserta dan undangan persidangan/rapat-rapat DPRD ;
  4. Menyediakan bahan persidangan/rapat-rapat DPRD ;
  5. Membuat risalah hasil persidangan/rapat-rapat DPRD ;
  6. Mengoordinasikan bawahan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung ;
  7. Menilai hasil keja bawahan untuk bahan pertimbangan karier ;
  8. Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya ;
  9. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan.

Kepala Sub Bagian Protokol dan Humas mempunyai tugas:

  1. Menyusun rencana Sub Bagian Protokol dan Humas sesuai dengan rencana kerja Sekretariat DPRD ;
  2. Mengatur urusan protokoler Pimpinan dan Anggota DPRD beserta tamu DPRD ;
  3. Membangun citra dan menjalin komunikasi yang baik dengan media cetak maupun elektronik ;
  4. Melakukan upaya klarifikasi berita tentang lembaga DPRD maupun sekretariat DPRD ;
  5. Mengoordinasikan bawahan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung ;
  6. Menilai hasil keja bawahan untuk bahan pertimbangan karier ;
  7. Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya ;
  8. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan.

Bagian Legislasi mempunyai tugas pokok menangani Produk Hukum dan Peraturan Perundang-undangan ;

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat (1) pasal ini, Bagian Legislasi mempunyai fungsi :

  1. Pelaksanaan fasilitasi dan membantu penyusunan produk hukum DPRD yang berupa keputusan dan /atau ketetapan DPRD ;
  2. Pelaksanaan fasilitasi dan membantu penyusunan Rancangan Peraturan Daerah ;
  3. Pelaksanaan fasilitasi kelengkapan referensi peraturan perundang-undangan yang berlaku ;
  4. Pelaksanaan pengolahan data sebagai bahan untuk melakukan pengkajian dan pengembangan dalam rangka menyelesaikan permasalahan hukum ;
  5. Pelaksanaan dokumentasi atas semua produk hukum DPRD dan kegiatan kepustakaan di lingkungan DPRD ;
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris DPRD sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Kepala Bagian Legislasi mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana Bagian Legislasi sesuai dengan rencana kerja Sekretariat DPRD ;
  2. Melaksanakan fasilitasi dan membantu penyusunan produk hukum DPRD yang berupa keputusan dan /atau ketetapan DPRD ;
  3. Melaksanakan fasilitasi dan membantu penyusunan Rancangan Peraturan Daerah ;
  4. Melaksanakan fasilitasi kelengkapan referensi peraturan perundang-undangan yang berlaku ;
  5. Melaksanakan pengolahan data sebagai bahan untuk melakukan pengkajian dan pengembangan dalam rangka menyelesaikan permasalahan hukum ;
  6. Melaksanakan dokumentasi atas semua produk hukum DPRD dan kegiatan kepustakaan di lingkungan DPRD ;
  7. Mengoordinasikan bawahan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung ;
  8. Menilai hasil keja bawahan untuk bahan pertimbangan karier ;
  9. Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya ;
  10. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan.

Kepala Sub Bagian Kajian dan Pengembangan mempunyai tugas:

  1. Menyusun rencana Sub Bagian Kajian dan Pengembangan sesuai dengan rencana kerja Sekretariat DPRD ;
  2. Melakukan kajian untuk sinkronisasi produk hukum nasional, regional dan daerah ;
  3. Melaksanakan evaluasi dan kajian pengembangan mutu produk hukum daerah ;
  4. Memfasilitasi perumusan berbagai produk hokum DPRD berupa rekomendasi dan persetujuan DPRD kepada Pemerintah Daerah dan kepada pihak ketiga ;
  5. Menyusunan produk hukum DPRD yang berupa keputusan dan/atau ketetapan DPRD ;
  6. Menyiapkan bahan Rancangan Peraturan Daerah ;
  7. Menyiapkan referensi untuk penyusunan produk hukum DPRD ;
  8. Mengoordinasikan bawahan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung ;
  9. Menilai hasil keja bawahan untuk bahan pertimbangan karier ;
  10. Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya ;
  11. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan.

Kepala Sub Bagian Dokumentasi dan Perpustakaan mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana Sub Bagian Dokumentasi dan Perpustakaan sesuai dengan rencana kerja Sekretariat DPRD ;
  2. Menghimpun produk hukum DPRD ;
  3. Mendokumentasikan produk hukum DPRD ;
  4. Menjalin kerja sama di bidang dokumentasi dan informasi hukum dengan pihak yang terkait ;
  5. Melengkapi koleksi perpustakaan dengan referensi hukum ;
  6. Menyelenggarakan pengelolaan perpustakaan untuk kepentingan DPRD ;
  7. Mengoordinasikan bawahan agar terjalin kerjasama yang baik dan saling mendukung ;
  8. Menilai hasil kerja bawahan untuk bahan pertimbangan karier ;
  9. Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya ;
  10. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan kepada atasan.

Download

Peraturan Bupati Banyuwangi Nomor 39 Tahun 2011 Tentang Rincian Tugas, Fungsi Dan Tata Kerja Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Banyuwangi