DPRB Kab. Banyuwangi

Selamat Datang

di Website Resmi DPRD Kab. Banyuwangi

Anggota DPRD Kab. Banyuwangi

Visi


"Menjadi Lembaga Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang Terpercaya,Kreatif dan Aspiratif"

  • Main Menu
  • Bagaimana Menurut anda tentang kinerja DPRD Kab. Banyuwangi?".

    • Setuju
    • Tidak Setuju
    ×

    24 Raperda Bakal Dibahas Tahun 2015

    Badan Legislasi (Banleg) DPRD Banyuwangi dan Tim Perumus Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi menyepakati sebanyak 24 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) masuk dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) Tahun 2015.

    Ketua Banleg, H Khusnan Abadi, M.Pd.I, menyampaikan prolegda yang ditetapkan telah melalui perencanaan dan penyusunan oleh Pemkab dengan DPRD, dan disepakati ditetapkan di dalam sidang paripurna.

    Prioritas prolegda tahun 2015 mengarah kepada upaya menyusun regulasi yang mampu memberikan kepastian hukum seiring pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah, yang disesuaikan dengan RPJMD Kabupaten, potensi dan situasi wilayah saat ini dan yang akan datang.

    Dari pembahasan Banleg DPRD , disepakati 24 Raperda, 11 Raperda insiatif (usulan DPRD), 8 Raperda usulan dari eksekutif, dan 5 Raperda sisa Prolegda Tahun 2014.

    “Paripurna hari ini, DPRD menetapkan Prolegda Tahun 2015 sebanyak 24 Raperda,” jelas Khusnan Abadi.

    Raperda yang akan dibahas diantaranya raperda tentang perubahan Perda No. 27 tahun 2013 tentang Izin Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah,  Raperda tentang Pembinaan dan Pengawasan  Penyelenggaraan Pengelolaan Bahan Galian, Raperda perubahan kedua atas Perda No 5 tahun 2010 tentang Tata Cara Pemilihan, Pencalonan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa, Raperda tentang Perizinan Pelayanan Kesehatan Swasta, Raperda tentang Inventarisasi Data Perda, Raperda tentang Perubahan atas Perda No 21 tahun 2011 tentang Tata Cara Pembentukan dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa, Raperda tentang Badan Kerja Sama Antar Desa (BKAD).

    Raperda lainnya adalah tentang Desa Wisata, Raperda tentang Tata Kelola Air, Raperda tentang Budaya Ikon Banyuwangi, Raperda tentang Alih Fungsi Lahan.

    Untuk Raperda usulan eksekutif diantaranya raperda tentang Pemberian Insentif dan Pemberian Kemudahan Penanaman Modal, Raperda tentang Perubahan Kedua  atas Perda No 13 tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Usaha, Raperda tentang Perubahan atas Perda No 14 tahun 2011 Retribusi Perizinan Tertentu,  Raperda tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Perpustakaan, dan Raperda tentang Penyelenggaraan Kearsipan

    • TERBARU
    • TERPOPULER
    • ACAK